Bagi Anda pengemudi pemula dan menggunakan mobil matic mungkin ada ketakutan mobil akan mundur ketika sedang melewati tanjakan. Atau Anda yang baru saja menggunakan mobil matic juga mengalami ketakutan yang sama.
Namun, jangan panik. Mari kita bahas mengenai tips memindahkan gigi mobil matic saat tanajakan agar tidak mundur. Sebab, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar mobil matic bertenaga ketika menanjak. Mari kita simak cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan.
Jadi, simak artikel ini sampai selsai ya. Berikut adalah tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan agar tidak mundur. Selamat membaca!
Baca Juga
Tips Memindahkan Gigi Mobil Matic Saat Tanjakan
Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dalam mengemudikan mobil matic yang pada dasarnya memiliki tingkat kemudahan dan kenyamanan dalam mengemudi.
Salah satu medan yang tersulit mengemudi mobil, yakni saat kondisi jalan yang menanjak apalagi ditambah dengan keadaan macet, termasuk saat menggunakan mobil matic. Apalagi untuk pengendara pemula mobil matic, pasti ada rasa deg- degan.
Baca Juga: Kebiasaan Yang Merusak Mobil Matic: Yuk Hindari Sebelum Rusak!
Jadi, mari kita langsung saja bahas mengenai tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan. Selamat membaca!
1. Jangan Menggunakan Posisi D
Tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan yang pertama adalah dengan menghindari posisi tuas transmisi di D. Namun cara ini hanya berlaku pada mobil transmisi matic konvensional saja.
Jadi Anda harus mengetahui fungsi dari tuas transmisi pada mobil matic. Pada tuas transmisi terdapat posisi netral, P untuk posisi parkir, R (reverse) untuk melaju mundur, dan D untuk melaju ke depan. Ada tambahan lambang D2 dan D1 atau L di bawah tuas D.
Ketika tuas berada di posisi D, maka secara otomatis transmisi matik akan memindahkan gigi berdasarkan putaran mesin.
Putaran mesin ini akan meninggi pada saat melaju di tanjakan yang curam atau panjang. Tetapi rasio gigi harus lebih rendah agar torsi mudah didapat.
Cara ini dapat digunakan pada mobil transmisi matik konvensional, bukan yang CVT, AMT, atau transmisi mobil elektrik.
2. Memindahkan Tuas Transmisi ke Posisi Rendah
Tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan yang selanjutnya adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi rendah. Cara ini dapat Anda gunakan ketika berada di tanjakan terjal dan posisi macet di tanjakan.
Jadi untuk jalanan yang menanjak terjal, kamu cukup pindahkan tuas dari mode D (drive) ke L. Tuas transmisi yang pindah ke L akan membuat daya puntir lebih maksimal dan tidak ada masalah saat melewati tanjakan.
3. Jangan Menginjak Pedal Gas Secara Dalam
Tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan yang selanjutnya adalah dilarang menginjak pedal gas secara dalam. Sebab jika Anda melakukan hal ini maka akan menjadikan mobil kehilangan tenaga. Sebab sistem trasmisi atau ECU membaca torsi sudah maksimal. Justru transmisi akan bertahan di posisi gigi yang tinggi
4. Mencocokan Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan
Tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan yang selanjutnya adalah mencocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan. Ini adalah cara pindah gigi mobil matic di tanjakan curam. Kamu bisa menggunakan posisi transmisi D2.
Tetapi jika tanjakan semakin curam, gunakanlah posisi D1. Posisi D1 pada obil matic ini ibarat posisi gigi 1 pada mobil manual. Cara ini juga bisa digunakan ketika terjebak macet di tanjakan.
5. Jangan Injak Rem Saat Pindah Tuas
Tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan yang selanjutnya adalah jangan menginajk rem saat pindah tuas. Jadi, saat memindahkan tuas posisi D ke D1 atau D2, jangan menginjak rem juga.
Cukup menekan tombol pada tuas persneling untuk memindahkan gigi. Ketika mobil membutuhkan torsi, lepaskan pedal gas dan langsung pindahkan transmisi secara bertahap, sampai D1 atau L.
Ketika sudah mendapatkan gigi yang diinginkan, baru injak pedal gas lagi untuk mendapatkan power. Jika harus berhenti saat berada di tanjak, baru kalian dapat menginjak rem. Atau kalian dapat juga memindahkan persneling ke gigi netral dan menarik rem tangan jika berhenti cukup lama.
6. Menggunakan Perpindahan Paddle Shift atau Semi-Manual
Tips memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan yang selanjutnya adalah menggunakan perpindahan Paddle Shift atau Semi- Manual. Mobil matic terbaru biasanya sudah ada teknologi opsi semi-manual.
Cara mengemudi mobil matic di tanjakan dengan perpindahan paddle shift ini bisa membuat perpindahan percepatan seperti di transmisi manual tanpa injak kopling. Dengan menggunakan opsi semi-manual ini.
Mobil kalian akan mudah untuk mendapatkan tenaga lebih maksimal. Opsi ini bisa digunakan sebagai cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan.
Itulah tips dalam memindahkan gigi mobil matic saat tanjakan. Ada baiknya jika Anda terus berlatih mengemudikan mobil matic pada tanjakan. Selain tu, Anda juga harus menghafal ebtul setiap fungsi posisi transmisi.
Pada umumnya, beberapa tuas transmisi pada mobil matic terdiri dari huruf dan angka antara lain P, R, N, D, 2, dan L. Dima P yang berarti parkir, jadi Tuas ini digunakan untuk memarkirkan mobil sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bisa bergerak.
Sedangkan R untuk gigi mundur dan N untuk netral. Selanjutnya D yang artinya Drive atau jalan, dimana mobil dnegan posisi ini akan bergerak maju. Dengan posisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur otomatis.
Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem. Jenis transmisi mobil matic yang selanjutnya adalah 2 yang berfungsi untuk menahan gigi tertinggi di gigi 2. Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam.
Baca Juga: Yuk Ketahui Cara Mengendarai Mobil Matic yang Benar untuk Pemula!
Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak. Selanjutnya ada L artinya menahan gigi tertinggi di gigi 1. Yang terakhir ada Shift Lock yang fungsinya untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift Lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong untuk menggesernya.
Pastikan kalian hafal ya fungsinya, sehingga kalian tidak salah dalam mengoperasikannya ketika melewati tanjakan. Editor: Orapada