Ini Perbedaan Antara Spooring dan Balancing

Lia

Ada banyak perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil agar mobil selalu nyaman untuk digunakan. Misalnya adalah melakukan spooring dan balancing. Ya, ada perbedaan anatara spooring dan balancing untuk ban mobil, loh.

Namun sayang, sebab banyak pemilik mobil yang masih keliru dengan perbedaan antara spooring dan balancing. Meski sama-sama bertujuan untuk menjaga kenyamanan dan kestabilan mobil, spooring dan balancing merupakan dua hal yang berbeda.

Meskipun secara manfaat ttidak ada perbedaan antara spooring dan balancing, namun ternyata kedua perawatan untuk mobil ini berbeda, loh. Untuk itu artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan antara spooring dan balancing.

Jadi, simak artikel berikut ini sampai selesai, ya. Selamat membaca!

Perbedaan Antara Spooring dan Balancing

Perbedaan Antara Spooring dan Balancing
Perbedaan Antara Spooring dan Balancing (Sumber Gambar: Google)

Masih banyak yang belum paham mengenai perbedaan antara spooring dan balancing. Maklum, keduanya memang sama-sama bagian dari proses perawatan kaki-kaki mobil. Walau demikian, ada perbedaan jelas antara spooring dan balancing.

Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil. Tujuannya agar laju mobil tetap lurus. Jika laju mobil dirasa mulai berubah, mungkin saja itu menjadi tanda-tanda bahwa mobil perlu spooring dan balancing.

Jika mobil Anda memiliki mobilitas tinggi dan sering melewati jalanan yang tidak rata, mungkin gejala yang Anda rasakan yaitu setir mobil agak berat ke kiri atau ke kanan. Mungkin juga setir mobil terasa bergetar pada kecepatan tertentu, itu merupakan salah satu tanda bahwa mobil Anda perlu di spooring dan balancing.

Nah memang apa sih perbedaan antara spooring dan balancing? Spooring adalah perawatan pada mobil dan berkaitan dengan kaki-kaki yang ditujukan untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil dengan meluruskan ban depan dengan ban bagian belakang.

Dimana spooring merupakan proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.

Proses spooring mencakup camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius. Dengan melakukan spooring, kestabilan berkendara akan lebih terjaga dan kemudi menjadi ringan.

Lalu, efek yang bisa dirasakan adalah gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri saat kemudi dilepas serta mengurangi keausan pada bagian-bagian ball-joint dan roda.

Lalu apa itu balancing? Balancing adalah perawatan mobil berupa penyesuaian berat keseluruhan roda mobil, khususnya velg mobil. Untuk menyamakan berat velg, biasanya teknisi akan menambahkan besi kecil atau timah.

Dimana balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

Itulah mengapa, balancing biasanya dilakukan setelah mobil melakukan proses penggantian ban atau velg, sehingga saat mobil dipakai, roda mobil pun bisa berputar dengan baik dan mobil terasa lebih stabil.

Jadi, perbedaan antara spooring dan balencing dengan bahas amudahnya spooring itu proses di mana ban harus selaras dan sejajar agar mobil tetap stabil. Sedangkan balancing menjaga ban agar tetap rata.

Manfaat Spporing dan Balancing

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa untuk manfaat tidak ada perbedaan anatar spporing dan balancing. Dimana, ada sejumlah manfaat yang dapat Andarasakan dnegan perawatn ini. Apa saja manfaat darai spporing dan balancing?

Menghindari Setir Bergetar

perbedaan spooring dengan balancing
Perbedaan Antara Spooring dan Balancing (Sumber Gambar: Google)

Manfaat spporing dan balancing yang akan Anda rasakan adalah menghindarkan setir bergetar. Nah, ketika mobil sering melewati jalan yang tidak rata dan jauh, maka hal ini akan berdampak pada setir.

Itulah mengapa mobil perlu melakukan spooring secara berkala. Selain itu, meskipun mobil tidak digunakan utntuk lewat di jalan yang tidak rata, namun tidak pernah di spooring juga akan mengalami masalah.

Dimana, mobil yang tidak pernah mendapatkan perawatan spooring biasanya akan timbul getaran terutama saat melaju di jalanan lurus dengan kecepatan lebih dari 60 kilometer per jam.

Agar Kontrol Mobil Lebih Baik

Manfaat spporing dan balancing yang akan Anda rasakan adalah kontrol mobil yang lebih baik. Ketika arah mobil yang sulit dikontrol merupakan tanda adanya gangguan pada kaki-kaki mobil. Solusinya maka harus diperbaiki dengan spooring, kaki-kaki mobil akan diperbaiki sehingga kontrol mobil akan lebih baik.

Mencegah Kerusakan Pada Komponen Kaki- Kaki

Manfaat spporing dan balancing yang akan Anda rasakan adalah mncegah kerusakan pada komponen kaki- kaki. Melakukan perawatan pada mobil merupakan tindakan preventif paling efektif agar komponen-komponen yang ada di mobil tidak rusak sehingga performanya tetap terjaga, begitupun dengan melakukan spooring dan balancing.

Kapan waktu terbaik untuk spooring dan balancing?

Perbedaan Antara Spooring dan Balancing
Perbedaan Antara Spooring dan Balancing (Sumber Gambar: Google)

Selain memahami perbedaan spooring dan balancing, Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Proses spooring dan balancing dianjurkan untuk dilakukan secara berkala maksimal 20.000 kilometer.

Sedangkan, jika mobil Anda sering dibawa melintasi jalanan rusak maka sebaiknya lakukan perawatan tersebut lebih cepat, yakni tiap 10.000 kilometer. Namun intinya semakin sering mobil kalian melaju di jalanan yang rusak atau memiliki permukaan yang kurang baik, maka kaki-kaki mobil berpotensi jadi tidak seimbang.

Di sinilah perlunya dilakukan spooring dan balancing. Untuk itu, sebisa mungkin hindari kondisi jalanan berlubang.

Itulah perbedaan antara spooring dan balencing yang perlu Anda ketahui. Jadi, janagnpernah lewatkan perawatan yang satu ini, ya. Selain menghindari jalan yang tidak rata dan berlubang, perawat untuk kaki- kaki mobil juga melalu spooring dan balencing.

Namun, jangan melakukan spooring dan balencing jika belum wkatunya. Lakukalah ketiak memenag membutuhkan. Edangkan untuk harganya, proses kedua perawatn ini mempunyai harga yang berebda dan beragam.

Sebenarnya biaya untuk proses perawatan mobil berbeda beda tergantung pada bengkel ataupun tempat servis. Namun perbedaan harga tersebut tidak terlalu mahal. Sehingga, ketika Anda mulai merasakan keanehan pada kaki- kaki mobil, Anda dapat melakukan perawatan ini.

Popular Post

cara mengatasi virus komputer

Komputer

6 Cara Mengatasi Virus Komputer Tanpa Anti Virus

Cara mengatasi virus komputer tanpa anti virus ini cukup mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Yuk simak biar komputer anda terbebas dari virus jahat!

masalah pada keyboard laptop

Komputer

5 Masalah Pada Keyboard Laptop yang Sering Terjadi

Sebelum hal tersebut terjadi pada anda, sebaiknya ketahui beberapa masalah pada keyboard laptop yang kerap terjadi di artikel ini!

Penyebab Mesin Motor Mio Cepat Panas!

Motor Matic

Penyebab Mesin Motor Mio Cepat Panas!

Kamu tidak sendirian kok, kalau pernah mengalami mesin mio panas. Artikel ini mengurai beberapa penyebab mesin motor mio cepat panas dan cara mengatasinya.

Membeli hp di pegadaian

Beli HP

Membeli HP di Pegadaian: Cara Mengikuti Lelang Barang Pegadaian

Mengetahui cara mengikuti lelang pegadaian dan membeli hp di pegadaian sangatlah penting. Jangan sampai kena tipu.

custom motor bobber

Modifikasi Motor

Penting! Sejarah Sampai Biaya Custom Motor Bobber

Sebelum memutustan untuk custom motor beraliran bobber, tidak ada salahnya mengetahui sejarah dan perkiraan biaya custom motor bobber yang ngetren ini.

komponen kaki kaki mobil

Kaki-Kaki Mobil

Komponen Kaki kaki Mobil: Fungsi & Analisa Kerusakannya

Membaca artikel ini, Anda bakalan jadi tahu 6 Elemen Penting Komponen Kaki Kaki Mobil dan Fungsinya.

Tinggalkan komentar